Kenapa SpongeBob Enggak Kunjung Bisa Nyetir


Apakah SpongeBob berpendidikan? Mungkin lo enggak akan lihat momen SpongeBob sekolah formal kayak kita. Apalagi, kita enggak tahu pastinya ia berumur berapa. Yang terang, satu-satunya sekolah yang dijalanin SpongeBob ialah sekolah mengemudi. Mungkin bagi warga Bikini Bottom, sekolah itu yang sifatnya buat hal-hal praktis aja alias yang bisa langsung diterapin di keseharian. Sekiranya manusia mengemudi mobil, penduduk Bikini Bottom mengendarai mobil perahu di bawah air.

Nah, yang bikin kita geleng-geleng kepala, kenapa selama ini SpongeBob enggak juga lulus dan dapetin lisensi mengemudinya, ya? Coba aja lo hitung, dari episode perdana yang tayang pada 1999 sampai kini, udah ada berapa episode, sih, adegan SpongeBob diajarin nyetir Nyonya Puff? Memang sesusah itu, ya? Patrick aja yang notabene paling bodoh se-Bikini Bottom bisa dapetin SIM. Nah, buat lo yang bertanya-tanya kenapa SpongeBob enggak juga lulus dari sekolah mengemudi, semoga penjelasan di bawah ini mencerahkan lo.


Sifat SpongeBob yang Mudah Tegang dan Panik

“Apa yang dijalankan pertama kali saat mengemudi mobil perahu?” Pertanyaan sederhana kayak begitu aja udah bikin Spongebob tegang dan berkeringat dingin. Dalam sekejap, ia bisa langsung tancap gas dan hasilnya kecelakaan. Yap, udah berkali-kali SpongeBob gagal saat ujian mengemudi. Sang pengajar, Nyonya Puff, bahkan kewalahan dan sering kali masuk rumah sakit gara-gara kecelakaan.

Berjenis-jenis kekonyolan bahkan terjadi sebab kepanikan SpongeBob ini. Nyonya Puff bahkan nyaris sinting dibuatnya. Pernah pada episode 69b musim keempat, “Mrs. Puff, You’re Fired”, Nyonya Puff diganti oleh pelatih lain. SpongeBob rupanya sukses mengemudi dengan baik. Caranya? Dia meredam kepanikannya dengan cara menutup matanya. Tentu cara itu enggak bakal diizinin buat beneran turun ke jalan, dong. Sayangnya, tepat penutup matanya dibuka, SpongeBob panik lagi dan sukses menghancurkan seisi kota.

Pernah juga pada episode 4b musim pertama, “Boating School”, Patrick ngebantuin SpongeBob biar enggak panik dengan cara ngasih kisi-kisi via telepon. Patrick ngebantuin dengan rinci. Dia nenangin SpongeBob dan ngasih tahu langkah-langkah mengemudi yang baik. Namun, lagi-lagi itu menyalahi hukum sebab sama dengan curang. Akibatnya, Spongebob enggak bisa lulus.

Belum Cukup Usia

Pernah dalam episode 30a musim kedua, “No Bayaran Rides”, Nyonya Puff ngasih skor ekstra buat SpongeBob. SpongeBob bahkan lulus dan bisa lisensi mengemudinya. Namun, hakekatnya cara itu dijalankan Nyonya Puff sebab ia udah lelah.

Pada hasilnya, lisensi itu ditarik kembali dari SpongeBob. Nah, dari lisensi itu, bisa kita lihat tanggal lahir SpongeBob: 14 Juli 1986. Sekiranya lo ngeh, di episode 15a musim pertama, “Sleepy Time”, lisensi itu juga timbul.

Sekiranya dipandang selisih dari tahun rilisnya pertama kali pada 1999, SpongeBob masih berusia 13 tahun. Sekiranya ditarik untuk ukuran manusia, usia tersebut tentunya masih terbilang belia. Wajar aja sekiranya ia enggak bisa nyetir. Soalnya, memang belum saatnya ia bisa.

Sekiranya ia masih terlalu muda, harusnya ia enggak diizinin sekolah, dong? Ukuran dewasa setiap spesies berbeda. Sekiranya lo lihat, satu-satunya spons yang mencari ilmu hanyalah SpongeBob. Selebihnya ialah ikan. Mungkin aja ikan lebih bisa kencang dewasa daripada spons.

Terlalu Kekanakan

Sekiranya bahkan bukan keadaan sulit usia, bisa jadi kemungkinan SpongeBob enggak kunjung lulus ialah sifatnya yang enggak dewasa. Sekiranya lo perhatiin, SpongeBob itu kekanakan dan naif. Hobinya bahkan masih tentang hal-hal yang kekanakan. Misalnya aja nangkap ubur-ubur, bermain gelembung, atau bermain dengan boneka. Mentalnya yang masih kekanakan dan belum dewasa ini bisa jadi yang menyebabkan ia mudah tegang dan panik saat mengemudi. Beda sama Patrick. Si bintang laut ini, meski sama kekanakannya dengan Spongebob, bawaannya masih santai.

Jadi, mau setua apa bahkan SpongeBob, bisa jadi kita enggak bakal lihat momen hasilnya ia menerima lisensi mengemudi. Jangan sedih. Dia masih bisa mengemudi sepeda air atau batu, kok. Sekiranya tadi teori yang bisa dirangkum dari episode-episode SpongeBob saat berada di sekolah mengemudi. Sekiranya lo sendiri, punya enggak teori sendiri kenapa SpongeBob enggak juga bisa nyetir? Atau, membisu-membisu lo pernah ngalamin kejadian serupa kayak SpongeBob? Coba, deh, ceritain apa kendala lo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silsilah Keluarga Patrick Star yang Harus Lo Ketahui

Karakter Antihero Paling Ikonis di Dunia Film dan Sinema